Warnanya Cantik dan Menyehatkan, Ini 5 Fakta Kubis Ungu

Madu99 – Warnanya Cantik dan Menyehatkan, Ini 5 Fakta Kubis Ungu salah satu sayuran yang berkerabat dengan kubis, kale, dan brokoli. Kubis ungu biasanya diolah menjadi salad, taco, dan lain-lain. Rasa dari kubis ungu tidak jauh berbeda dengan kubis hijau.

Warnanya Cantik dan Menyehatkan, Ini 5 Fakta Kubis Ungu

Mengandung banyak vitamin dan mineral

Kubis ungu mengandung banyak senyawa antioksidan, vitamin (C, E, A, dan K), dan kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, dan zat besi. Sama seperti sebagain besar sayuran lainnya, kubis ungu hanya mengandung sedikit lemak dan kolesterol.

Kubis ungu kaya akan vitamin B, seperti B1, B2, dan folat yang baik untuk kesehatan otak, saraf, pembentukan sel darah merah dan lainnya. Selain itu, kubis ungu juga sedikit mengandung protein.

Dalam 89 gram kubis ungu mengandung 28 kalori

kandungan satu cangkir atau setara 89 gram kubis ungu mengandung rincian nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 28
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Serat: 2 gram
  • Kalium: 5 persen dari AKG
  • Thiamine: 5 persen dari AKG
  • Riboflavin: 5 persen dari AKG

Kubis ungu termasuk sayuran yang rendah kalori dan juga kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Warnanya Cantik dan Menyehatkan, Ini 5 Fakta Kubis Ungu

Kandungan antioksidan kubis ungu lebih besar daripada kubis hijau

Selain mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat, kubis ungu juga mengandung antioksidan flavonoid seperti kuersetin dan kaemferol.

Seperti yang kita ketahui, makanan yang mengandung antioksidan akan dapat menangkal radikal bebas dan berperan sebagai antiradang, serta dapat mencegah penyakit kronis. Kandungan antioksidan pada kubis ungu 4,5 kali lebih besar di bandingkan antioksidan yang di miliki kubis hijau.

Kandungan seratnya dapat menjaga kesehatan saluran cerna

Kubis ungu baik untuk pencernaan karena dapat mencegah terjadinya inflamasi pada saluran cerna. Kubis ungu yang kaya akan dapat menjaga kesehatan saluran cerna serta menyebabkan makanan tercerna dengan baik.

Lebih lanjut, serat yang terkandung dalam kubis ungu dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Serat larut dalam kubis ungu menjadi makanan baik untuk bakteri baik yang ada di dalam saluran pencernaan sehingga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Warnanya Cantik dan Menyehatkan, Ini 5 Fakta Kubis Ungu

Warna kubis ungu cantik karena kaya akan kandungan antosianin

Warna kubis ungu yang cantik di sebabkan oleh suatu senyawa yang melimpah di kubis ungu, yaitu antosianin. Biasanya kubis ungu di olah menjadi salad atau sauerkraut.

Selain mempercantik tampilan, antosianin juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Suatu penelitian yang di terbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa antosianin di kaitkan dengan penurunan tekanan darah serta menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Kubis ungu mempunyai warna yang cantik dan juga kaya akan manfaat. Kubis ungu bisa menjadi variasi makanan untuk menu sehat kita. Adakah yang suka mengonsumsi kubis ungu?

SUMBER BERITA : MADU99

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *