5 Faktor Penghambat ketika Melamar Kerja, Kurang Percaya Diri

MADU99LOUNGE 5 Faktor Penghambat ketika Melamar Kerja, Kurang Percaya Diri.Kamu akan bersaing dengan puluhan, bahkan ratusan orang untuk mendapatkan posisi yang diinginkan.

Tidak selamanya mulus, kamu akan menemui beberapa faktor penghambat ketika melamar pekerjaan. Entah itu dari dalam diri ataupun dari lingkungan sekitar. Apa saja faktor-faktor tersebut?

1. Belum memiliki pengalaman kerja

5 Faktor Penghambat ketika Melamar Kerja, Kurang Percaya Diri

Pengalaman kerja sangat berpengaruh terhadap seleksi kerja yang akan diikuti. Pasalnya, pihak penerima kerja nantinya akan melihat kemampuanmu dari pengalaman kerja yang pernah digeluti sebelumnya. Sebab pengalaman kerja dapat membuktikan, bahwa kamu sudah pernah berpengalaman di suatu bidang pekerjaan tertentu.

Selain itu, pengalaman kerjalah yang nantinya akan menjadi “nilai jual” bagi pelamar. Apabila memiliki pengalaman kerja, maka hal itu akan menjadi nilai plus. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja juga mempunyai peluang untuk lolos seleksi. Jadi, jangan patah semangat ketika belum terpilih, ya.

2. Kurangnya rasa percaya diri

5 Faktor Penghambat ketika Melamar Kerja, Kurang Percaya Diri

Selanjutnya adalah kurangnya rasa percaya diri. Ternyata kepercayaan diri sangatlah penting untuk membantu kamu lolos seleksi kerja, lho. Penyebab dari kurangnya rasa percaya diri ini muncul ketika kamu tidak yakin dan percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Hal inilah yang nantinya akan memicu overthinking. Sebab, kamu takut akan tersingkirkan oleh pesaing lain, yang mungkin saja lebih unggul.

Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum mengikuti seleksi kerja, kamu sudah betul-betul mengetahui kualitas dan kemampuan diri, serta sudah memastikan bahwa kamu telah memilih bidang yang tepat dengan porsi kemampuan diri sendiri. Supaya setelahnya kamu dapat meminimalisir rasa takut dan insecure ketika mengikuti seleksi kerja.

3. Minimnya komunikasi

5 Faktor Penghambat ketika Melamar Kerja, Kurang Percaya Diri

Dalam dunia kerja, komunikasi sangatlah penting. Tidak dapat diremehkan, karena hal ini akan berdampak besar pada kinerja tim dan penentu baik buruknya suatu perusahaan. Adanya komunikasi yang baik akan mempengaruhi produktivitas dan berdampak pula pada motivasi kerja, sehingga akan meningkatkan semangat saat bekerja. JOINSINI

Sebaliknya, komunikasi yang buruk akan berdampak pada motivasi kerja, bahkan dapat menimbulkan suatu konflik dalam perusahaan. Nah, maka dari itu sebelum mengikuti seleksi kerja ada baiknya kamu membenahi cara berkomunikasi yang baik dan benar itu bagaimana, supaya nantinya dapat memudahkanmu saat seleksi kerja sedang berlangsung.

4. Masih duduk di bangku kuliah

5 Faktor Penghambat ketika Melamar Kerja, Kurang Percaya Diri

Siapa sangka, ternyata banyak sekali mahasiswa maupun mahasiswi yang turut terjun ke dunia kerja saat mereka masih kuliah. Ada berbagai alasan dan latarbelakang yang mengharuskan mereka mengikuti seleksi kerja. Entah itu tuntutan ekonomi keluarga, tugas kuliah, atau malah untuk mencari kesibukan semata.

Tentunya ada bnayak lowongan pekerjaan yang memasukkan kualifikasi bahwa mahasiswa dapat mengikuti seleksi kerja. Lamaran pun bisa digunakan untuk melamar pekerjaan part timefreelance, ataupun full time.

Namun, pastinya suatu perusahaan tidak akan sembarangan dalam memilih calon karyawan. Sebab, hal ini nantinya kana berpengaruh pada perusahaan. Pihak pemberi kerja juga tentunya akan mempertimbangkan banyak hal, seperti apakah pelamar akan mampu memanajemen waktu, loyal dan bersungguh-sunggu ingin bekerja atau malah hanya ingin mengisi waktu senggangnya saja.

Jadi, untuk kalian yang masih duduk di bangku kuliah dan berniat mengikuti seleksi kerja, ada baiknya kalian pikirkan matang-matang tujuan dan alasan yang masuk akal. Tentu saja supaya kamu bisa lolos dan memulai karier.

5. Sedikitnya relasi

5 Faktor Penghambat ketika Melamar Kerja, Kurang Percaya Diri

Terakhir adalah sedikitnya relasi. Tak sedikit yang meremehkan hal ini. Padahal relasi yang banyak akan sangat membantu ketika kamu hendak mencari lowongan pekerjaan atau ketika melamar bekerja. 

Misalnya, ketika kamu melamar kerja di salah satu perusahaan yang mana di perusahaan tersebut ada teman atau kenalanmu yang bekerja di sana. Kamu pasti akanmemiliki peluang lebih untuk lolos di perusahaan tersebut. Maka dari itu, penting untukmu memperluas jaringan relasi dan merawatnya. Supaya kedepannya kamu dapat menuai dampak positif dari hal tersebut.

Nah, itulah lima faktor yang biasanya menjadi penghambat ketika melamar pekerjaan. Apakah kalian pernah mengalami salah satunya, atau malah semuanya? Meskipun demikian, jangan berkecil hati ketika tidak lolos seleksi kerja ya. Tetap semangat dan terus berbenah diri agar kedepannya lebih baik lagi, karena usaha tidak akan menghianati hasil. POKERONLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *