5 Cara Bantu Anak Remaja Menemukan Passion, Kenali Kelebihannya

MADU99LOUNGE –  5 Cara Bantu Anak Remaja Menemukan Passion, Kenali Kelebihannya Passion merupakan suatu hal atau kegiatan yang begitu di gemari seseorang sehingga menjadi gairah dan semangat besar dalam hidupnya. Setiap orang biasanya memiliki passion-nya masing-masing. Namun, terkadang ada yang belum menyadari bahwa ia memiliki passion dalam bidang tertentu.

Begitu pula remaja yang sedang berada pada fase pancarian jadi diri, belum tentu dapat menemukan di mana passion yang ia miliki. Maka dari itu, peran orangtualah dalam membimbing dan membantu anak menemukan passion-nya. Ini lima cara yang bisa di lakukan oleh orangtua.

1. Kenalkan konsep passion terlebih dahulu

5 Cara Bantu Anak Remaja Menemukan Passion, Kenali Kelebihannya

Sebelum melangkah mencari passion diri, ada baiknya mengenal lebih dulu apa konsep passion itu sebenarnya. Alhasil, tidak terjadi salah penafsiran pada hal-hal lainnya. Kemudian, agar anak benar-benar tahu makna passion yang benar.

Kenalkan anak dengan pengertian dari passion, tujuan, manfaat dan jenis-jenisnya. Sebab, terkadang bagi orang besar saja suka bingung memaknai passion. Di sebabkan kata passion sering di sama-samakan dengan kata lain seperti bakat, minat atau hobi.

2. Tanyakan daftar kegiatan yang membuat anak bahagia

5 Cara Bantu Anak Remaja Menemukan Passion, Kenali Kelebihannya

Passion di kaitkan dengan hal-hal yang memicu semangat seseorang dalam melakukan sesuatu. Biasanya merupakan hal-hal yang di sukai dan membuat bahagia. 

Orangtua bisa menanyakan kepada anak apa saja kegiatan yang selalu membuatnya bahagia saat melakukannya. Kalau perlu buat daftarnya pada secarik kertas dan urutkan dari yang paling di sukai. Tujuannya, agar menemukan yang mana merupakan passion utama anak.

3. Ajak anak mengeksplorasi hal-hal baru

5 Cara Bantu Anak Remaja Menemukan Passion, Kenali Kelebihannya

Terkadang menemukan passion tak semudah membalikkan telapak tangan. Anak mungkin akan kesulitan mendeskripsikan passion-nya. Alhasil, orangtua harus berusaha ekstra dalam membantu anak.

Sebagai orangtua dapat mengajak anak mencoba berbagai hal baru di luar sana. Jadi, anak bisa mengetahui berbagai macam kegiatan. Kemudian, nantinya anak dapat memilih mana yang cenderung menjadi passion-nya. JOINSINI

4. Bimbing anak menemukan kelebihan dan kekurangannya

5 Cara Bantu Anak Remaja Menemukan Passion, Kenali Kelebihannya

Passion seseorang kadang tersembunyi di dalam dirinya. Makannya, harus digali dengan cara yang tepat. Caranya, dengan menelusuri dan menganalisis diri sedalam-dalamnya.

Anak bisa di arahkan untuk menuliskan kelebihan dan kekurangannya sebanyak yang ia bisa. Setelah itu, klasifikasi catatan yang ada ke dalam jenis-jenis passion. Hasil akhirnya nanti bisa di gunakan untuk membuat referensi passion yang paling relevan dengan kelebihan sang anak. POKERONLINE

5. Fasilitasi anak dengan hal yang paling disukainya

5 Cara Bantu Anak Remaja Menemukan Passion, Kenali Kelebihannya

Mengetahui passion saja tidak akan ada artinya tanpa di kembangkan. Kalau sudah tahu di mana passion anak, orangtua juga perlu mendukungnya. Baik dukungan dalam bentuk motivasi, materi dan fasilitas. 

Dengan mengembangkan passion, kelak anak akan memiliki bekal dalam hidupnya. Passion yang ada bisa digunakan untuk menunjang tujuan yang diinginkannya. Jadi, bukan sekadar ada passion saja, kemudian tak di asah lagi, ya. Passion juga harus diasah agar jadi keunggulan diri.

Tugas orangtualah dalam membimbing anak. Termasuk, dalam hal mencari passion. Dalam menemukan passion mungkin tidak bisa satu atau dua hari. Terkadang juga membutuhkan waktu yang lama dan menuntut kesabaran.

SUMBER BERITA : MADU99

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *